Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. IKM diukur secara kuantitatif dan kualitatif.
Manfaat IKM
- IKM dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik.
- IKM dapat dijadikan bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.
- IKM dapat menggambarkan saran dan masukan dari masyarakat, akan harapan ataupun keluhan atas pelayanan yang diberikan.
Cara Mengukur IKM
- IKM diukur dengan menggunakan skala likert.
- IKM diukur dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhan masyarakat.
- IKM diukur dengan menggunakan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data kepuasan masyarakat penerima pelayanan.
Contoh parameter yang diukur dalam IKM
- Kemudahan prosedur pelayanan
- Kejelasan persyaratan pelayanan
- Kepastian dan kejelasan petugas
- Kedisiplinan petugas
- Tanggung jawab petugas
- Kemampuan petugas
- Kesopanan dan keramahan petugas
- Keadilan untuk mendapatkan pelayanan
- Ketepatan pelaksanaan terhadap jadwal
- Kecepatan pelayanan
Aplikasi e-IKM
Aplikasi e-IKM adalah aplikasi Survei Kepuasan Masyarakat secara elektronik. Aplikasi ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja