MojowarnoNews, Mojowarno – Komisi 1 DPRD Kabupaten Rembang mendatangi kantor Desa Mojowarno, Kecamatan Kaliori pada Senin, (08/08/2022) sekitar pukul 10 pagi.
Dalam kedatangannya kali ini, Mashadi, S.Pd., M.M, Ketua Komisi 1 DPRD Rembang bersama rombongan, ingin melihat ‘Smart Village Mojowarno’ lebih dekat.
Diterima oleh kasi Pelayanan, Siti Arfiana Wati, dan Kasi Pemerintahan Desa Mojowarno, Dewi Suprastiningrum, keduanya menjelaskan pelayanan yang berjalan di Mojowarno selama ini.
Selain melayani secara online dari rumah, Pemerintah Desa Mojowarno juga menyediakan anjungan mandiri desa.
Dengan anjungan ini, masyarakat dapat manfaat lebih. Selain bisa melakukan pelayanan surat menyurat administrasi kependudukan, juga dapat digunakan untuk mengecek keaktifan kartu KIS atau BPJS warga tanpa harus datang ke kantor BPJS.
Selama hadirnya mesin anjungan mandiri dan juga pelayanan online dari rumah, pelayanan surat-menyurat jadi semakin mudah dan cepat. Antrian untuk pengajuan surat bisa kurang dari 5 menit.
Bahkan jika mengajukan dari rumah, warga tinggal datang ke balaidesa untuk mengambil surat. Sesuai dengan status pengajuan yang ada di aplikasi ‘surat siap diambil’. Bisa jadi kurang dari 3 menit.
Tentunya kemudahan ini dapat dirasakan oleh semua warga masyarakat Desa Mojowarno, yang sudah melakukan registrasi pendaftaran di laman layanan mandiri.
Mashadi dan rombongan, juga menyempatkan diri menjajal mesin anjungan yang ada. Guna membuktikan sejauh mana tingkat efektifitas pelayanannya.
“Setelah melihat lebih dekat, ternyata cukup bagus juga inovasi yang dilakukan (Mojowarno-red). Dan pantas ditiru oleh Desa lain di Rembang. Bagus lho, bisa mengajukan surat kurang dari 5 menit. Luar biasa lompatannya.” Ungkap Mashadi, Ketua Komisi 1 DPRD Rembang usai menjajal sendiri mesin anjungan mandiri.
Harapannya kedepan konsep ini bisa di tularkan ke desa-desa lain di rembang, agar desa-desa di Rembang bisa ikut maju. Baik dari sisi penerapan teknologi informasi maupun pelayanan.
“Terus dijaga dan ditingkatkan mutu pelayanan, sehingga semakin baik dalam melayani warganya. Bagus, tetap semangat.” Pungkasnya sambil mengakhiri pembicaraan dan sekaligus berpamitan.[]